Sabtu, 24 Maret 2012

Seribu Rupiah sebagai mahar


Ayah adalah bahasa cinta yg kosakatanya berbeda

Ayah adalah mata air cinta yg narasi kemasannya berbeda
Ayah punya cara sendiri dlm mencintai kita..

Kalo boleh jujur, aku sama ayah jaraaang banget ketemu. Aku habiskan 6 tahun di boarding school (sekolah berasrama, baca : pesantren) di daerah bogor mepet sukabumi. Lulus SMA aku nerusin kuliah di salah satu universitas negeri ternama di semarang. Jadi jarang banget aku habiskan waktu bareng ayah. Kadang ngerasa agak nggak nyaman kalo lagi bareng ayah. Entah. Apa karena kita sama – sama punya sifat gengsi kalo sama orang. (halloo kita ini kan ayah dan anak. Aneh) ya, itu salah satu sifat buruk kita. Kalo udah begini satu – satunya jalan ya Cuma ummi seorang. Ummi yang jadi penghubung dan translator kemauan – kemauan ayah.

Omongan ayah itu terkadang susah banget dimengerti anak – anaknya. Aku 4 bersaudara dan kebetulannya aku di daulat jadi anak pertama. So pasti aku harus bisa mengerti kemauan ayah. Ayah wali aku gitu looh. Otomatis aku harus tahu apa yang ayah mau dari anak- anaknya. Satu hal yang aku tahu itu adalah anak – anak ayah harus lebih hebat dari ayah. Aku mau cerita tentang masa lalu ayah dulu. (numpang ngeksis masa lalu ya yah.)

Dulu ayah dan ummi dipersatukan dengan seribu rupiah. What ?? seribu rupiah. Ali bin abi thalib aja mempersunting fathimah r.a dengan baju besinya. Saking ga ada duit itu, tapi masih bisa bayar mahar pake baju besi. Lha ini, pake duit seribu. Kalo di rupiahin (emang dulu seribu itu dollar ya ?) sama jaman sekarang ya 100.000 mungkin. Oh maaiii apa kata dunia. Tapi ga boleh gitu. Itu cerita ayah masa lalu. Sekarang kan yang penting kemana – mana udah pake fortuner putih ya yah ? *ting. Main mata. Entah ada serangan darimana tu kok ummi mau – mauan aja nerima ayah dengan uang seribu rupiah. Oke, aku bold ya seribu rupiah sebagai mahar. Ini maksudnya kawan. Mari aku ceritakan di paragraph selanjutnya.

Di zaman dahulu kala, tahun 1992 bulan maret kalo ga salah. Di sahkan suatu hubungan antara pasangan Slamet Imam Santoso dengan Siti Aisyah dibilangan pondok pinang, Jakarta selatan. Itu rumah orangtua ummi, alias rumah kakek nenek ku tercinta. Muah. Cerita dari empunya ceritanya sih sebelum disahkan itu ada ceritanya lagi. Dan kamu tahu, ini kaset cerita ibarat side A side B udah hamper runyam pita kasetnya. Diulaaaaangg terus. Kenapa ?? nanti ya diceritakan diakhir,mari kita simak perjalanan cintanya dulu.

Katanya, ayah itu udah mupeng(muka pengen) nikah itu dari umur 18 tahun. Subhanallah, ikhwan jaman dulu yak. Hehe. Mulai baca – baca buku, intinya ayah mulai perkaya ilmu semenjak beliau tahu kalau beliau punya keinginan untuk menikah. Prinsip ayah saat itu SUM alias single until married. Mantaap. Siapa dulu anaknya, (nyambung banget). Ayah itu orangnya pendiem. Asli jawa timur (wallahu a’lam orang jawa timur itu pendiem semua atau hanya ayahku saja). Oh ya, diceritakan beliau tinggal di Jakarta itu karena ingin menyelesaikan studi akutansi di salah satu universitas D3 saat itu. Di Jakarta, beliau hanya memiliki saudara seorang pakde dan keluarga. Katanya sih hanya satu keluarga itu saja yang dimiliki ayah di Jakarta. Seorang mahasiswa D3 yang sudah selesai studi itu benar – benaar ingin menikah. Alhasil beliau berusaha ikhtiarkan kemauannya dengan lapor kepada guru ngajinya.

Omong – omongnya sih gini “Ustad,saya ingin menikah”

“wah,subhanallah. Sudah punya calon atau mau dicarikan nih ?”

“belum,ustad. Saya baru baca – baca referensi aja. Hehe” malu- malu kelinci kata ayah. Anak kecil umur 20 tahun udah mau nikah aje. Kos aja seadanya. Haduuhh ga kepikiran deh. Katanya gituu

“oh ya, nanti dicarikan ya. Maunya yang seperti apa ?”

“oh iya,kriterianya ya ustad ? nanti saya surati saja ya ustad. Sebenernya saya baru mau bilang itu aja, ustad. Saya mau nikah. J

Itu sepenggal percakapan antara ayah dan guru ngajinya.

Di surat yang ayah janjikan itu tertulis beberapa criteria calon istri –ekhm- yang diinginkan

1. Sudah memegang Halaqah Tarbawiyah (menjadi murabbiyah)

2. Kuliah

3. Umur tidak jadi masalah asal ga jauh2 amat

4. Mau berkomitmen menikah dengan saya

Itu sih yang diceritakan ayah. Eh salah,sebetulnya itu ummi yang menceritakan. Tadi kan sudah aku katakana kalau ayah pendiam. Jadi yang cerita itu ummi,kalau ada sesuatu yang perlu di klarifikasi baru deh ayah angkat bicara dan membuka interupsi tersebut dengan sedikit senyum lalu baru cerita yang sebetulnya.

Singkat cerita, dapet deh itu criteria. Naah, alhamdulillahnya ketemu sama ummi saya. Tereeeeengg.

Di waktu dan tempat yang berbeda, guru ngaji ummi bilang “Aisyah, ada yang mau kenalan tuh sama kamu. Beliau nyari calon yang blablabla. (dijelaskan apa yang diminta ayah)”

“Ya ditunggu aja deh umm, nanti aku pikir2 dulu”

“jangan lama-lama ya syah. Kalo kamu ga ngasih jawaban dalam waktu dekat katanya nanti dia mau cari sendiri.”

Waduh serem amat. Ngancem gitu deehh. Akhirnya ummi memberi balasan IYA dalam waku dua minggu. (kok aku jadi ikut deg2an sihh ?) setelah dapet jawaban ayah pun langsung ambil tindakan. Beneran ngebet ni ayah gue yak. Saat itu ayah ditemani -entah siapa,kata ayah si itu mak comblang beliau- datang ke rumah ummi menemui kakek. (aduh deg2an ceritainnya)

Obrol2 panjang sama kakek dan nenek saya tersayang. Langsung capcus bilang kalo ayah mau nikahin ummi. Jedeeerrr. Tapi dengan cool kakek bilang “mau dibayar berapa anak saya ?”

Saat itu ayah bingung dengan maksud pertanyaan kakek. Bayar berapa ?

“Slamet, berapa mahar yang sanggup kamu bayar untuk anak pertama saya ?” tanya kakek lagi

Saat ummi cerita, ayah langsung interupsi “ayah sebenernya nggak tahu apa itu mahar.”

Whattt ?? gubrak banget. Masa iya nggak tahu apa itu mahar ? ayah,plis deh ga segitunya kalee.

Ayah pun bilang saat itu ayah Cuma punya uang Rp20.000,- aku eja lagi ya, dua puluh ribu rupiah. Itu pun mesti dibagi2 lagi jadi beberapa bagian kecil, termasuk mahar. Ini rinciannya. Kata ayah, 7ribu buat ongkos taxi mak comblang, itu hanya jemputnya. Balikin lagi berarti keluar 7ribu lagi. Bla bla bla berarti sisa seribu. Dan dengan polos ayah bilang ke kakek. “saya Cuma punya seribu rupiah,pak”

Dan kamu tahu, kakek bilang “Nggak apa – apa dengan uang seribu. Kamu ikhlas kan ngeluarin uang seribu untuk mahar ? “ subhanallah kakekku.. luv u so much

Ditanya juga ummi,ikhlas ga kalo dinikahin dengan ikhwan kere tapi berani nafkahi anak gadis orang. Ummi bilang iya. Keren. masya Allah Rabbi. Pernikahan pun dilangsungkan dengan sangat sederhana. Jas yang pinjam om, peci lama biasa dipake jum’atan. Ya allah, subhanallah banget.

Aku mau jawab pertanyaan di awal. Kenapa kisah ini selalu diceritakan ummi dan ayah ? dan kisah yang paling mengharukan disini adalah perjuangan seorang ikhwan jaman dulu. Di pembukaan awal, ummi bicara bahwa mungkin ayah akan ditertawai oleh akhwat – akhwat zaman sekarang. Kenapa ? karena kebanyakan ikhwan sekarang maunya akhwat yang tinggi, putih, langsing, cumlaude. Tanpa mempertimbangkan berapa banyak kontribusinya dalam dakwah. Mentang – mentang ikhwan sudah menjadi rebutan karena mendekati hari akhir. Jadi mereka benar – benar menyeleksi akhwat dari sisi penampilan.

“kak, ayah mau kamu jadi akhwat eksklusif yang dulu ada di ummi” begitu pesan ayah, pastinya diceritakan lewat ummi.

Sering juga sih ayah bilang criteria ikhwan yang boleh menghadap ayah itu yang seperti apa. Saat ramadhan ayah sedang semangat semangatnya menghapalkan al quran. Di sepuluhmalam terakhir ayah rajin i'tikaf di masjid dekat rumah. Masjid yang lumayan besar untuk komplek yang ramai. Imam tahajjud malam itu adalah seorang hafidz yang masih muda. Apa yang ayah katakan tentangnya?

"Mi, tau ga sih ?! Ternyata imam sholat tahajjud tadi malem udah hafidz, tapi masih bujang. Ayah mau banget tuh nawarin anak ayah.Dia mau nggak ya sama anak ayah yang hafidzoh ini?”

Kali itu ayah nggak menatap ku. Seakan tidak butuh jawabanku karena ia tahu seleraku,ingin pendamping seorang hafidz lulusan syari2 begitu. Dipikirannya, pasti ia akan menjadi ayah kebanggaan gadis sulungnya kalau ia bisa mencarikan pendamping hafidz yang bisa memberikan mahkota baginya di syurga. Menantu kan anaknya juga. :-)

Ayah, sungguh aku cintakanmu. Diammu hartamu. Dari mu aku belajar banyak kedewasaan. Bukan hanya masalah memilih pasangan. Masalah kehidupan pun banyak yang kau tularkan padaku. Aku yakin, buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Aku pun akan seperti yang kau harapkan. Ayah, lewat hatimu aku berucap. Jangan pernah tinggalkanku karena kau permata duniaku.


0 komentar:

Posting Komentar