Selasa, 13 November 2012

Ujian Sekolah Murobbi

Assalamu'alaikum kawan - kawan..
Alhamdulillah kemarin tanggal 11 november 2012 sudah berakhir masa sekolah kami. Ihhiiy.
SEKOLAH MUROBBI. ni akun fb nya https://www.facebook.com/sekolah.murobbisemarang?fref=ts add yaa
What's that ? eh ini rahasia ga ya ? Tapi enggak ding, wong di twitter aja udh di share og.
Ini adalah salah satu program kaderisasi PKS yang disana diharapkan lahirnya benih - benih murabbi yang unggul yang ditempadengan masa ajar 4 bulan atau kurang lebih 16x pertemuan tiap ahad ba'da zuhur. Diakhir setelah ujian ada kelulusan dan benar2 mirip kelulusan sekolah. Pakai toga, dapat ijazah dan nilai memuaskan, sangat memuaskan dan cumlaude. Katanya nih angkatan aku nanti ada orangtua juga yang akan diundang. widiihh ajiiibb
Eh iya, angkatanku sdh angkatan ke-7. Memang semarang paling cepat urusan kader mengkader. Fastabiqul khairat dong ya

Kita share pengalaman aja ya.
Subhanallah selama 16x pertemuan itu pasti ga mulus2 aja dong. ada masa dimana futur melanda, ada masa dimana lagi semangat2nya eh malah disuruh pulang lagi karena ga ada muwajjih nya. Ga masalah, namanya tadhiyah ya harus ikhlas lahir batin.

Tapi aku senang, sungguh senang. Kenapa ? Yang namanya sekolah tidak hanya ilmu yang di dapat. Tapi kawan bermain juga. Seneng banget bisa bertemu dengan mereka yang notabene para calon2 murobbi handal masa depan. Darisana bisa saling diskusi, bisa makin dekat dan bertemu sahabat dunia akhirat yang tak ternilai harga persahabatannya. Apalagi untuk ukuran fakultasku yang aku tidak banyak orang di dalamnya, aku merasa terbantu dengan diperkenalkan Dia dengan kawan2 sejawat lewat program sekolah murobbi ini. Subahanallah indahnya persaudaraan fillah :)

Nah kembali ke judul yang diatas. Tibalah waktu ujian yang ditunggu2. Setelah sekian lama pengorbanan waktu dan tenaga kita diwajibkan untuk bertempur dengan 32 materi dalam satu malam. karena pemberitahuan ujian baru sehari sebelum ujian. mantaff jaya

Deg- degan dong pasti. Belajar ga serius tadi malam, mau jawab apa gitu ya.
tapi kok setelah melihat wajah kawan - kawan yang tetap tenang menghadapi ujian ini aku jd ikut2an tenang. ah mereka. Bidadari - bumi yang diciptakan Allah tuk terus menyinari hari kawan2nya.

Ujian dibagi 2, Yang pertama ujian tulis, yang kedua ujian peer teaching.
Ujian tulis ada 3 bagian, ada bagian kelompok pembelajaran, kelompok maddah dan kelompok ke-murobbiyah-an. Isinya apa aja ??
Ada deehh, mau tau aja. Tapi keren, ini bukan masalah hapalan teori2 yang bertuliskan arab itu. Tapi ini masalah pemahaman yang ditekankan agar benar ketika kita jadi murobbi kita pantas untuk dijadikan tempat bertanya. Aku aja sampai bingung mau jawab apa. Mungkin pemahaman ku belum sampai sana :(
makanya selalu perhatikan muwajjih ketika sampaikan  materi. darisitu keluar semua, bukan dr slide yang diberikan.

nah dibagian ini yang aku suka. Peer teaching.
Peer teaching adalah bagian dimana kita dibuat bagaikan seorang murobbi yang sedang mengisi halaqah berjumlah 8 orang. Saling bergantian Menyampaikan materi, membuka pertemuan dan menutup pertemuan halaqah. tiap orang menilai kawannya masing - masing. Nah darisini terlihat sesiapa yang sudah ada persiapan mengisi liqo dan yang belum. Wah bagian ini sangat inspiratif. Banyak ilmu mengisi liqo yang aku dapatkan darisini. Para akhwat2 itu sepertinya sudah miliki jam  terbang yang sangat tinggi sehingga improvisasi bahasa buku dan bahasa penyampaian sudah sangat baik dan interaktif. Inspiring banget !

Pokoknya ga nyesel ikut sekolah murobbi. Banyak teman, banyak ilmu, banyak kenal dengan muwajjih dan bertambah pengalaman. Mungkin sekian sharing pengalaman kita. Semoga kawan- kawan di daerah yang lain cepat menyusul ya. Program ini sangat bermanfaat tuk hadirkan generasi murobbi- murobbi pantang mengeluh murobbi2 yang siap berkorban apapun. Hidup Murobbi !

Sekian
Wassalamu'alaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar