Kamis, 31 Januari 2019

Nice Homework (NHW 1) Program Matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch 7

Bismillahirrohmanirrohim

Dalam NHW 1, aku ditugaskan untuk menuliskan satu fokus jurusan ilmu yang akan aku tekuni dalam universitas kehidupan ini. Jujur aku bingung sangat, butuh waktu 3 hari untuk menyelami keinginan dalam diri agar benar - benar apa yang nanti akan aku fokuskan mencakup semua aspek. Dari hasil diskusi dengan fasilitator grup, ada beberapa aspek yang harus dipenuhi, diantaranya 4E, yakni : Enjoy, Easy, Excellent, Earn. Penjelasan singkatnya seperti ini. Saat kita memutuskan untuk fokus di satu jurusan ilmu, kita penting untuk enjoy dalam menjalaninya. Tidak ada keterpaksaan dalam menjalani bidang tersebut. Kalau bisa sesuai passion kita, itu lebih baik lagi. Saat kita tersenyum menjalaninya, tidak ada beban dan asyik saat mendalami bidang tersebut. 2. Easy, yaitu mudah menurut kita. Terkadang kita ingin yang sulit, menantang, namun seringkali ketika kita menemukan kesulitan, kita menyerah dan berhenti ditengah jalan. Nah, pilihlah bidang ilmu yang Mudah kita jalani menurut kita sendiri. 3. Excellent. Unggul, Maksimal. Bidang apa yang kira2 kita bisa maksimal di dalamnya. All out lah saat menuntut ilmu tersebut. 4. Earn. Nah ini yang asyik ya. Sambil menuntut ilmu sambil memperoleh hasil berupa uang. Hayo, kira2 apa nih yaa yang bisa mencakup 4 aspek tersebut ?

Dari hasil diskusi dengan fasilitator kelas, aku kemali mendiskusikan dengan suami. Karena aku masih bingung, bidang apa yang aku bisa all out tanpa meninggalkan kewajibanku sebagai istri dan ibu. Penting juga meraih ridho suami, agar mulus dalam perjalanan nya. Nah, disini suami kasih masukan, gimana kalau aku fokus di ilmu marketing. Lebih ke internet marketing. Karena kami memiliki usaha bersama, yaitu Rental Mobil daerah Bintaro. Dimana aku sebagai merketernya dan suami di bagian operasional. Internet Marketing pun banyak bidangnya. disini aku ingin mendalami ilmu Google Ads dan Instagram Ads. Pokoknya yang berbau advertising walaupun katanya bakar duit di awal, tapi aku yakin kalau aku sudah punya ilmunya, uang yang dibakar itu malah menghasilkan lebih banyak uang.

Pertanyaan kedua adalah alasan kenapa aku harus menekuni bidang tersebut. Sepertinya sudah disebutkan diawal ya. karena aku dan suami punya bisnis bersama dimana aku jadi marketernya, jadi aku harus punya satu keahlian yang bisa aku andalkan. Dan saat menjalaninya aku betul betul enjoy, mudah bagi aku, aku bisa all out dan juga menghasilkan uang. He he

Pertanyaan ketiga, strategi apa saja yang akan aku pakai dalam menuntut ilmu tersebut. Sebetulnya satu tahun  belakangan ini aku sudah bergabung dengan komunitas bisnis online, yaitu sekolah bisnis 1 milyar. Disana ada banyak PR yang harus aku kerjakan. Tapi ya itu, ternyata aku belum punya adab terhadap ilmu yang aku inginkan. Aku hanya ingin memiliki wawasan tanpa mengedepankan adab. Jadilah aku tidak mengerjakan PR dengan maksimal. Hikss

Pertanyaan keempat, berkaitan dengan adab terhadap ilmu, perubahan sikap apa yang harus aku perbaiki saat mencari ilmu tersebut.

Adab terhadap diri sendiri :

  1. Ikhlas, aku harus ikhlas dalam menuntut ilmu tersebut 
  2. Bergegas. Di komunitas sb1m, kami selalu ada belajar online, nah kadang aku menyepelekan kelas online itu, gak hadir tanpa alasan. Mulai saat ini tiap ada belajar online aku harus bergegas dan duduk paling depan. Minta tolong suami untuk gantian jaga anak2 sewaktu aku belajar. 
  3. Menghindari sikap 'merasa' sudah tahu. Aku harus memposisikan diri sebagai gelas kosong. Agar bisa selalu terisi dengan ilmu - ilmu baru. 
  4. Bersungguh - sungguh menjalankan tugas. ini PR bangeeet buat aku. karena dari sekian banyak pr yang diberikan, aku baru menyelesaikan beberapa itupun tidak tuntas. pantes aja jauh dari kata sukses. Duh 
Adab terhadap guru : 
  1. Aku sebagai penuntut ilmu harus mencari ridha guru. menghormati. Walaupun manggilnya mas, mba. Tapi tetap saja mereka guru saat aku mencari ilmu internet marketing,kan ??
  2. Selalu perhatian terhadap apa yang sedang diajarkan 
  3. Menyebarkan ilmu harus dengan keridhaan guru 
Adab terhadap sumber ilmu : 
  1. Tidak meletakkan buku sembarangan 
  2. tidak melakukan copy tanpa izin dari penulis 
  3. Tidak asal copas, harus ada sumber yang valid 
  4. menerapkan ilmu "acceptical thingking" kroscek terlebih dulu sebelum menerima informasi 
Semoga apa yang aku ikhtiarkan, bermanfaat untuk diriku sendiri, keluargaku dan masyarakat. 
dan semoga ketika aku merubah adabku terhadap ilmu, ilmu yang aku ikhtiarkan juga mudah meresap ke relung jiwa, Aaminn 

Nadiya Qonita 
1 Februari 2019 


0 komentar:

Posting Komentar