Selasa, 20 September 2016

HAPE KECEBUR AIR


Kejadian hape bunda kecebur air memang sudah menjadi langganan. Ini kali kedua hape bunda kecebur air. Yang pertama kecebur di mangkok sayur kakak, nah yang kedua ini kecebur di lautan ompol kakak. Apa ya, bukan kecebur sih, tenggelam gitu lah.
Okay, ceritanya begini. Hari H saat bunda menemukan hp bunda tercebur air bunda sabar. Mensabar sabarkan diri sih lebih tepatnya. Karna saat itu sudah malam dan semua sudah terlelap hening sekali. Jadi kalaupun bunda marah2 juga gak ada gunanya. Bunda berusaha tenang sambil istighfar. Ya allah, apa maksudMu. Mungkin diganti dengan yang lebih baik. Hehe. Ini mah emamg kepinginan bunda.
Hari kedua bunda coba2 googling. Karena saat hape bunda yang pertama kecebur air, bunda panik dan keliling untuk service hp. Pas mau di service di tempat kesekian, tempat service nya malah tutup dan hape bunda yang 'cuma' gak bisa di touch itu raib entah kemana bersamaan dengan tutupnya toko hp tersebut.
Hasil googling pagi itu, hape yang gak bisa di touch krn tercebur bisa kembali di touch lagi lho mak. Begini ringkasan cara mengembalikan hape yang kecebur :
1. Jemur
Lepas semua komponen hape sampe memory card nya. Jemur selama 2hari. Pastikan hape keriiiing banget. Baru deh dinyalain
2. Hairdryer
Kewringkan dengan hairdryer. Tujuannya juga agar semua komponen kering. Tapi yang bunda baca dengan cara ini gak disarankan karena bisa merusak komponen hape
3. Pendam di beras.
Lepas semua komponen. Siapkan beras secukupnya agar hape terpendam. Pendam di beras. Pendam paling minimal 1~2jam. Maksimalnya 1~2hari. Untuk waktu kayaknya sih tergantung berapa banyak air yang menggenangi hape emak ya.
Nah, bunda mencoba cara ke 3. Pendam di beras. Bunda coba pendam di beras selama kurleb 5~6jam. Bunda tawakkal setelah ikhtiar. Yang penting ikhtiar nya kan,mak. Bismillahirrohmanirrohim. Setelah bunda rasa sudah cukup waktu, Bunda coba nyalain hapenya. Daaannn taraa.. bisa nyala maak.
Padahal hape bunda udah sempat di charge. Yang katanya kalo charge bisa ada tegangan listrik yang menyebabkan kerusakan hape yang kecebur itu makin parah.
Tapi alhamdulillah bisa dipakai walaupun gak kembali sempurna seperti sedia kala.
Pake dulu lah, uang nya kan bisa buat yang lain. hehe
emang dasar emak2.

0 komentar:

Posting Komentar